Viral Mobil Pribadi Menghalangi Mobil Ambulance

JAKARTA – 86News – Pemerhati masalah transportasi AKBP (Purn) Budiyanto menegaskan, marak belakangan ini viral mobil pribadi yang mengahalang-halangi kendaraan ambulance yang sedang membawa orang sakit untuk melintas dijalan bisa dipidana paling lama 1 bulan.

“Kendaraan pribadi yang menghalang-halangi mobil ambulance yang sedang melaksanakan tugas merupakan bentuk pelanggaran lalu lintas, dapat dikenakan Pasal 287 ayat 4 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250.000,” kata Budiyanto kepada VanusNews.com, Minggu (01/08/2031).

Bacaan Lainnya

Namun demikian apabila pengemudi kendaraan pribadi yang menghalangi ambulance yang sedang melaksanakan tugas dengan cara atau keadaan yang membahayakan nyawa atau barang dapat dikenakan Pasal 311 dengan pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp3.000.000.

Dia menuturkan, masyarakat harus memahami ada deskresi bagi ambulance yang sedang membawa orang sakit untuk diberikan jalan.

“Didalam Undang-Undang (UU) Lalulintas dan Angkutan Jalan (UU Nomor 22/2009) telah diatur tentang hak utama pengguna jalan untuk mendapatkan kelancaran.
Pengguna jalan yang dimaksud digolongkan sebagai pengguna jalan yang memperoleh hak utama. Pengguna jalan yang memperoleh hak utama antara lain adalah ambulance yang mengangkut orang sakit,” jelasnya.

Dia mengatakan, banyak warga masyarakat yang belum memahami aturan tersebut. Sehingga, sering terjadi kesalahpahaman dijalan.

“Kendaraan pribadi yang menghalangi mobil ambulance yang sedang melaksanakan tugas ada beberapa kemungkinan, 1. tidak memahami aturan tentang pengguna jalan yang memperoleh hak utama, 2. mencari sensasi untuk gagah-gagahan dan ke 3 mungkin ada motif lain. Hal ini
perlu ada pencerahan dan sosialisasi ke masyarakat luas tentang tata cara berlalu lintas yang benar dan peraturan perundang- undangan tentang lalulintas dan
memberikan penyadaran dan edukasi masalah hak dan kewajiban saat berlalu lintas,” pungkas mantan Kapolsek Tanah Abang ini.

Sebelumnya, viral video berisi ambulance yang akan menjemput warga yang sedang kritis dihalang-halangi oleh sebuah mobil sedan dikawasan Pamulang, Kota Tangsel bebepa waktu lalu.

Meski sang sopir beberapa kali memberikan peringatan. Namun, pengendara sedan tidak menggubrisnya.

Akibatnya, ketika ambulance terlambat datang mendapati warga tersebut sudah meninggal dunia karena terlambat mendapatkan pertolongan medis.Djaya

Pos terkait