Uji Kesiapan Prajurit, Satkat Koarmada I Gelar Latihan Gladi Tugas Tempur

TANJUNG UBAN, – 86News.id – Untuk menguji kesiapan tempur prajurit, Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I menggelar Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat I/L1 dan Tingkat II/L2 di Perairan Tanjung Uban, Sabtu (21/08/2021).

Kegiatan Latihan Glagaspur L1 dan L2 dilaksanakan sejak tanggal 13 Agustus hingga 21 Agustus 2021 dengan melibatkan 5 KRI yakni KRI Clurit-641, KRI Beladau-643, KRI Surik-645, KRI Siwar-646, dan KRI Parang-647.

Bacaan Lainnya

Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Tunggul menyampaikan bahwa latihan ini bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan para prajurit pengawak terutama pada tingkat pemahaman dan penguasaan pos tempur beserta peralatannya. Termasuk keterampilan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya baik secara individu, kelompok dan juga antar pos tempur pada saat melaksanakan peran-peran yang bersifat operatif, administratif serta mampu mengatasi keadaan darurat secara umum dan khusus.

“Melalui latihan ini diharapkan para prajurit Satkat Koarmada I memiliki kemampuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugasnya. Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini yakni dapat tercapainya kemampuan tempur sesuai satuan jenisnya meliputi pemecahan persoalan dalam lingkup kapal serta memahami tugas dan tanggung jawabnya pada setiap peran-peran saat kapal berlayar tunggal. Selain itu, menjaga kondisi siap tempur secara optimal dan mampu menanggulangi setiap ancaman dan hambatan serta melaksanakan purba jaga sesuai tingkat kecepatan aksi yang dibutuhkan dalam peran-peran operatif, peran administratif, peran darurat dan peran khusus,” ujar Tunggul.

Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menyampaikan bahwa latihan ini merupakan latihan rutin yang dilaksanakan oleh pengawak KRI, namun diharapkan dalam pelaksanaannya harus serius agar tercapai tujuan dan sasaran latihan dengan tetap mengedepankan zero accident.

“Latihan ini juga digelar untuk meningkatkan profesionalisme prajurit sebagaimana yang tertuang dalam Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., point dua bahwa bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman,” ujar Arsyad. (Djaya).

Pos terkait