Tingkatkan Proteksi, Prajurit Kolinlamil Latihan Pengamanan Jaringan Tingkat Dasar

86NEWS.ID – JAKARTA – Di awal Triwulan IV tahun 2022, Dinas Informasi dan Pengolahan Data Komando Lintas Laut Militer membekali prajurit Kolinlamil dengan pengetahuan tentang Pengamanan Jaringan Tingkat Dasar. Kegiatan yang melibatkan prajurit Kolinlamil dari berbagai strata dan satuan kerja tersebut dilaksanakan di Gedung Laut Natuna lantai 2, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (10/10). Latihan yang diselenggarakan pada dasarnya bertujuan untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam perintah hariannya.

Kadisinfolahta Kolinlamil Kolonel Laut (E) Asdi Yasin Yanuar saat membuka latihan menyampaikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dewasa ini telah mendorong percepatan di berbagai bidang, seperti hal nya mencari dan berbagi informasi sangatlah mudah didapatkan seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan jaringan.

Bacaan Lainnya

Jaringan internet yang tersambung hingga ke seluruh penjuru dunia memiliki kerentanan diakses oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil data atau informasi secara illegal. “Maka dapat dikatakan jaringan internet sangat tidak aman, dengan kesimpulan informasi dapat dicuri atau disadap oleh orang lain tanpa diketahui. Untuk mencegah hal tersebut perlu adanya proteksi dini terhadap sistem jaringan komputer guna memberikan perlindungan terhadap data, informasi dan hak akses kepada para pemakai.” ujar Kadisinfolahta Kolinlamil

Sementara itu Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi disela-sela waktunya mengatakan agar kegiatan latihan yang dilaksanakan secara rutin dan berkala dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kesempatan yang ada harus dapat digunakan oleh seluruh prajurit untuk menimba ilmu pengetahuan sekaligus meningkatkan kompetensi diri. “Saat ini teknologi informatika tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Sehari-hari kita semua selalu menggunakan teknologi, baik itu berupa smartphone ataupun komputer yang kita gunakan untuk mendukung kegiatan dinas. Gunakanlah internet dengan bijak dan jangan disalahgunakan. Saya percaya, latihan yang diselenggarakan oleh Disinfolahta dapat menjadi bekal bagi prajurit dalam mengikuti perkembangan teknologi informatika serta mengamankan data-data yang kita miliki.” ungkap Panglima Kolinlamil. (JAY).

Pos terkait