Terima Paparan KPU, Kapolri Pastikan Polri Siap Lakukan Pengamanan dan Pengawalan Rangkaian Pemilu

86NEWS.ID – JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia memastikan telah siap melakukan pengamanan dan pengawalan rangkaian Pemilu serentak tahun 2024. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan hal itu setelah menerima pemaparan dari KPU RI yang melakukan audiensi di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Tentunya kami dalam posisi yang siap mengamankan, sehingga semua tahapan Pemilu dapat berjalan dengan baik dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Karena semuanya bisa terselenggara dengan aman dan lancar,” kata Sigit usai pertemuan, Senin (23/5/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, pesta demokrasi 2024 nantinya akan lebih kompleks dibandingkan sebelum-sebelumnya. Sebab dalam Pemilu nanti akan dilakukan secara serentak, baik pemilihan di tingkat eksekutif maupun legislatif.

Sigit pun akan melakukan pengamanan dan pengawalan secara maksimal, baik sejak tahapan awal seperti administrasi, pelaksanaan rangkaian kampanye, sampai dengan proses rekapitulasi.

“Dan tentunya proses tahapan pengamanan pada saat rekapitulasi di pusat dan tahapan yang lain, seperti adanya gugatan,” tegasnya.

Sigit menyampaikan pentinya kordinasi sejak dini antar semua pihak yang terkait dengan Pemilu nanti. Ia berharap dengan komitmen kepolisian dan instansi terkait lainnya, pesta demokrasi lima tahunan itu dapat berjalan sebagaimana asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Baru saja kami mendapatkan kehormatan, menerima kunjungan silaturahmi sekaligus koordinasi awal antara Komisioner KPU dengan jajaran kepolisian,” ucapnya.

Hadir Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan jajaranya dalam pertemuan tersebut. Menururnya, tahapan awal Pemilu direncanakan dimulai pada 14 Juni 2022 mendatang.

Oleh karenanya, Hasyim menyampaikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang telah berkomitmen untuk mendukung dan memastikan seluruh rangkaian Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

“Terima kasih Pak Kapolri atas dukungan dan komitmen kerja sama dan bantuan kepada KPU,” ucapnya.** (JIM).

Pos terkait