Posko PRESISI Mabes Polri Gelar Anev Triwulan III Program Prioritas Kapolri

86NEWS.ID – JAKARTA – Posko PRESISI Mabes Polri tadi malam menggelar rapat analisa evaluasi (anev) Triwulan III Program Prioritas Kapolri (PPK). Rapat yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Anev dilakukan di Posko Presisi Mabes Polri, diikuti oleh seluruh Kapolda melalui virtual meeting, dipimpin oleh Irwasum Polri Komjen Pol. Agung Budi Maryoto. Rapat juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi Polri, meliputi Asrena Polri Irjen Pol. Wahyu Hadiningrat selaku Penanggung Jawab Posko Presisi dan Wakil penanggung jawab 1 As SDM Kapolri, Wakil penanggung Jawab 2 Asops Kapolri, Wakil Penanggung jawab 3 Kadivpropam dan Kadiv TIK Polri Irjen Pol. Slamet Uliandi selaku Kaposko Presisi.

Sejumlah catatan dan apresiasi kinerja diungkap, sebagai fakta empirik implementasi PPK sepanjang triwulan III tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan triwulan III sudah baik, namun masih terdapat 4 Polda dengan capaian dibawah 100%, yaitu Polda Papua, Polda Aceh, Polda NTT, dan Polda Sultra,” ujar Agung Budi Maryoto dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Dalam penuturannya, Agung menekankan pentingnya komitmen perbaikan implementasi PPK di tingkat wilayah, sebab kinerja Polri dinilai langsung oleh masyarakat. Mekanisme monitoring dan evaluasi secara rutin di tingkat Polda jajaran yang dilakukan secara rutin merupakan kunci untuk melihat kendala, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

“Isu negatif yang berkembang di masayrakat juga turut menjadi pemicu turunnya tren kinerja. Agar pimpinan memastikan pelaksanaan PPK secara substansial, tidak proforma ataupun hanya sekedar dokumen saja. Sehingga diharapkan dalam triwulan IV seluruhnya dapat mencapai 100 persen,” ujarnya.

Bagian dari evaluasi, apresiasi diberikan terhadap sejumlah inovasi aplikasi dalam mendukung PPK, yang hasilnya mulai dirasakan sepanjang triwulan III. Irjen Pol. Wahyu Hadiningrat selaku penanggung jawab Posko Presisi mengungkapkan bahwa inovasi aplikasi memberi dampak dalam perbaikan layanan masyarakat maupun pemantapan mekanisme internal kepolisian.

Adapun inovasi aplikasi yang mendapat apresiasi pada triwulan ini meliputi E-PZI, Asap Digital Nasional, E-SOP Polri, Imbas Cepat Polri, dan Samsat Digital Nasional.

“Aplikasi ASAP mendapatkan apresiasi, dikarenakan penanganan kebakaran hutan menjadi atensi dan telah dipaparkan oleh Bapak Wakapolri di konferensi tingkat dunia di United Kingdom,” jelasnya.

Lebih rinci, Wahyu menerangkan berbagai inovasi aplikasi lainnya seperti SIM Online, DUMAS Presisi, dan E-tilang menjadi aplikasi dengan apresiasi terbanyak di masyarakat.

Berdasarkan penilaian survey eksternal maupun internal Polri, tingkat kepuasan masyarakat terhadap PPK dirasakan sebagai implementasi atas rencana aksi dan indikator yang telah ditetapkan, sehingga PPK dapat dirasakan manfaat. Catatan Posko Presisi, sejumlah Polda jajaran yang menorehkan penilaian kinerja positif kinerja sesuai bidang, meliputi berikut ini:

1. Apresiasi kepuasan pemeliharaan kamtibmas diberikan kepada 5 Polda dengan capaian tertinggi  (Bali, NTT, Sulbar, DIY, dan Jatim);

2. Apresiasi kepuasan penegakan hukum diberikan kepada 5 Polda dengan capaian tertinggi (Sulbar, Bali, DIY, Babel, dan Banten);

3. Apresiasi kualitas SDM Polri diberikan kepada 5 Polda dengan capaian tertinggi (Maluku, DIY, Bali, Jateng, dan NTT);

4. Apresiasi Pelaksanaan Tugas Kontemporer (DKI Jakarta, Bali, DIY, Sulbar, dan Jateng);
5. Apresiasi Kepuasan Pelayanan Publik diberikan kepada 5 Polda dengan capaian tertinggi (Banten, Sulteng, Kalbar, Babel, DIY);

6. Apresiasi Kepuasan Komunikasi Publik diberikan kepada 5 Polda dengan capaian tertinggi (Maluku, Papua, Kalsel, NTB, dan Lampung);

7. Apresiasi terhadap tingginya pengetahuan masyarakat terhadap DUMAS Presisi dan Propam Presisi di 5 Polda tertinggi (DKI Jakarta, Sulbar, DIY, Jabar, dan Bali); dan

8. Apresiasi terhadap pengetahuan masyarakat terhadap sistem pelaporan Dumas Presisi dan Propam Presisi di 5 Polda tertinggi (Sulteng, Malut, Sulbar, Bali, Gorontalo).

“Dari berbagai apresiasi yang dicatatkan dalam Anev triwulan III ini, survey publik mencatatkan Polda Bali dan Polda Metro Jaya mencatatkan kepuasan publik yang tinggi. Artinya dalam persepsi masyarakat, kedua Polda ini adalah yang terbaik,” pungkas Wahyu.**JAY.

Pos terkait