Polresta Balikpapan Amankan Pelaku Spesialis Pembobolan Jok Motor

86NEWS.ID – BALIKPAPAN – Tim Beruang Hitam Satreskrim Polresta Balikpapan akhirnya berhasil mengamankan pelaku spesialis pencurian atau pembobol jok motor.

Pelaku berinisial M (29) tahun ini diamankan usai membobol salah satu jok motor yang tengah parkir di Parkiran Pertaman Jalan Yos Sudarso Balikpapan Tengah, pada Senin (20/9/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Pelaku M berhasil mengambil dan kabur dengan satu unit handphone dari dalam jok motor yang diparkir pemiliknya.

“Selain pelaku, kami amankan juga barang bukti handphone yang ia curi saat itu,” kata Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro saat pers rilis pengungkapan kasus, Senin (27/9).

Usai diamankan, pelaku beserta barang bukti selanjutnya dibawa ke Markas Polresta Balikpapan untuk penyelidikan lebih lanjut. Hasil pengembangan, diketahui jika pelaku sudah berulang kali beraksi di parkiran Pertamina.

“Sudah berulang-ulang di parkiran Pertamina. Jadi total ada sepuluh handphone yang kita amankan setelah pengembangan. Modusnya dia datang ke parkiran kemudian membongkar jok motor dan mengambil handphone,” ungkap Rengga.

Fakta lainnya dari hasil pengembangan, pelaku rupanya seorang residivis dengan kasus spesialis pencurian. Ia baru keluar dari Lapas bulan Juni 2021 lalu. “Dia residivis, baru empat bulan lalu bebas dari Lapas,” ucap Rengga.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363  Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dengan ancaman di atas lima tahun kurungan penjara.**RIZ.

Pos terkait