Komandan Lanal Bandung Berikan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan Kepada Taruna/Taruni Poltek KP Pangandaran

86NEWS.ID – BANDUNG – Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., memberikan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan kepada Taruna/Taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran dengan tema “Kompetensi dan Jiwa Kepemimpinan Sebagai Daya Dukung Pembangunan dan Pertahanan Negeri Maritim”, bertempat di Aula Poltek Kelautan dan Perikanan Pangandaran, Jum’at (25/03/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanal Bandung menyampaikan bahwa pendidikan adalah salah satu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan melalui tahapan pengajaran, pelatihan, penelitian dan pembinaan karakter yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan.

Bacaan Lainnya

Namun pada sisi lain, hal ini dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat terutama generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Untuk mengeliminir dan mencegah terjadinya kondisi tersebut, dibutuhkan adanya suatu ketahanan nasional yang kokoh dan kuat yang harus dimiliki oleh setiap anak bangsa demi keikutsertaannya dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. Selain itu, diharapkan kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal diatas kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI menjadi bagian salah satu tugas TNI adalah membantu tugas pemerintah dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dengan sasaran penyiapan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan serta kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Dalam rangka melaksanakan tugas pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara, Lanal Bandung melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat, aparat pemerintah, komponen bangsa, serta pelajar yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan komunikasi sosial guna memberikan pemahaman tentang perlunya pembangunan ketahanan wilayah untuk menghadapi ancaman nyata bangsa Indonesia saat ini serta pemahaman seluruh komponen masyarakat akan perlunya pembangunan kekuatan sosial yang sinergis antara TNI dan rakyat termasuk diantaranya adik-adik para taruna dan taruni politeknik KP Pangandaran.

Ditengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa, merebaknya korupsi kolusi dan nepotisme, terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba juga merupakan kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini TNI AL mengajak para taruna-taruni, guru pembina dan seluruh komponen Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran senantiasa menjadi didalam menanamkan nilai-nilai luhur sehingga siap sedia membangun keutuhan NKRI untuk menjadi bagian terdepan yang dapat membentengi generasi muda khususnya dari kecenderungan melakukan atau turut terlibat dalam kejahatan-kejahatan tersebut. Globalisasi selain mempunyai aspek positif tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif dengan globalisasi dunia seakan tanpa batas begitu pula lalu lintas informasi orang dan barang dapat berpindah dengan mudah dan cepat sepintas lalu dengan globalisasi memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia yang seharusnya selalu diperhatikan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Poltek Kelautan dan Perikanan Pangandaran Arpan Nasri Siregar, S.Ip, M.S.TPi, Wakil Direktur 1, Wakil Direktur 2, Wakil Direktur 3, Para Perwira Staf Lanal Bandung, Danposal Pangandaran.** (JAY).

Pos terkait