Jika Volume Kendaraam Meningkat Selama Arus Balik, Polri Berencana Menarik Skema one Way Sampai Tol Semanggi

86NEWS.ID – JAKARTA – Kepolisian berencana untuk menarik skema one way sampai dengan Exit Tol Semanggi, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan jika volume kendaraan selama arus balik sangat padat.

“Ini dilakukan apabila kepadatan arus balik mengular hingga ke tol dalam kota,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (6/5/2022).

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, saat ini skema one way diterapkan mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang sampai dengan KM 47 Gerbang Tol (GT) Jakarta-Cikampek (Japek).

Namun, apabila kepadatan kendaraan mengular hingga ke Jakarta. Maka pihak kepolisian tidak menutup kemungkinan akan menarik one way hingga Tol Halim KM 3+500.

“Apabila arus baliknya padat akan ditarik ke KM 3+500 atau Gerbang Tol Halim, kalau dalam perkembangan kepadatan mau diurai maka akan kami tarik ekor one way di Gerbang Tol Semanggi,” sambungnya.

Selain rekayasa lalu lintas one way dan contraflow, Sigit menjelaskan pihaknya juga menyediakan jalur arteri untuk para pengendara dari arah Barat menuju Timur dan wilayah Jawa.

“Jadi bisa lewat jalur arteri untuk masyarakat yang mengarah ke Bandung, Jawa Tengah, kami siapkan jalur alternatif untuk kurangi risiko kepadatan dan kurangi crossing,” Pungkas Sigit. ** (JAY).

Pos terkait