Jelang Pemilu, Polri Lakukan Operasi Cipta Kondisi

86NEWS.ID – JAKARTA – Polri melakukan operasi cipta kondisi menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024. Sampai saat ini, tahapan Pemilu 2024 telah sampai pada verifikasi administrasi bacaleg.

“Mabes Polri kan sudah merancang operasi pengamanan pemilu. Nah, sebelum itu tentu kita akan melaksanakan operasi-operasi cipta kondisi,” kata Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran kepada wartawan, dikutip Kamis (18/5/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Fadil, Baharkam Polri yang membidangi fungsi preemtif dan preventif telah memberikan arahan kepada anggotanya untuk membangun keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

“Cipta kondisi situasi kamtibmas yang kondusif. Antara lain apa ya seperti ini Polisi RW, Polisi Jaga Warga, Polisi Perintis Presisi, Polisi Pariwisata dan sebagainya,” jelasnya.

“Kehadiran polisi di tengah masyarakat lebih dekat dengan pendekatan bukan penegakan hukum,” kata Fadil Imran.

Untuk Polisi RW, Fadil mengatakan kebijakan ini akan diterapkan secara bertahap di seluruh Indonesia. Sejauh ini telah diterapkan disejumlah wilayah di Indonesia.

“Seperti misalnya di sini di Jogja dulu, nanti habis itu baru di beberapa kabupaten juga, kemudian juga di wilayah Jawa Timur, semua Polda rata-rata sudah ada pilot project, nanti setelah kemudian model Polisi RW, Polisi Jaga Warga ini sudah menemukan bentuknya yang lain (polda lain) bisa mungkin kemudian belajar dan mengisi,” paparnya. (JIMI).

Pos terkait